Selamat Datang di Blog Kami, jika Berminat hubungi Kami di 081703808129 untuk info harga

Proteksi Folder Windows Tanpa Software Khusus

Folder-folder penting dan rahasia agar tidak mudah diakses oleh orang lain sebaiknya diberikan perhatian khusus berupa pemberian proteksi demi keamanan data yang ada di dalam folder tersebut. Apalagi proteksi ini untuk melindungi hak akses seorang anak ke folder khusus orang dewasa.

Cara memproteksi folder pada windows cukup gampang yaitu hanya dengan menggunakan perintah dari prompt drive atau Command Prompt.
Sudah tau Apa itu command prompt ? kalau sudah tau terus alinea berikutnya tapi kalau belum tau apa itu command prompt berikut ini definisinya menurut Blog Belajar Ilmu Komputer yaitu command prompt adalah perintah-perintah yang dapat diberikan kepada komputer melalui prompt drive seperti perintah DIR, COPY, VER, SYS, REN, MD, CD, CLS, FORMAT, FDISK dll.

Berikut ini perintah untuk memproteksi folder pada windows xp. Dan dalam prkatek kali ini saya menggunakan windows xp service pack 2.

Sebelumnya mohon maaf karena artikel ini tidak dilengkapi dengan gambar karena demi meringankan akses blog ini dan berikut cara memproteksi folder agar tidak bisa diakses oleh pengguna komputer lain.

Jalankan Command Prompt dengan cara klik Start - All Programs - Accessories - Command Prompt.

sebagai contoh kita akan memproteksi folder DATA yang ada di drive D, maka perintahnya adalah :

cacls d:\data /p administrators:n

kemudian tekan ENTER

muncul pertanyaan Are You Sure (Y/N)?

ketik Y yang menyatakan Yes kemudian tekan ENTER

dengan menjalankan perintah di atas maka folder DATA yang ada di drive D sudah terproteksi dan tidak bisa diakses lagi.

Untuk memberikan hak akses folder DATA atau membuka proteksi folder DATA harus menjalankan perintah cacls seperti berikut :

cacls d:\data /p administrators:f

dengan perintah di atas maka folder DATA yang tadinya terproteksi akan dapat diakses kembali.

Kelemahan perintah proteksi folder melalui command prompt adalah dapat dengan mudah diakses kembali apabila pengguna komputer tersebut sudah mengetahui perintah proteksi folder ini (cacls).

0 komentar:

Poskan Komentar